Tanjungbumi, sentra batik madura


Beberapa daerah dikenali sebagai sentra batik yang memiliki sejarah panjang perbatikan. Perkembangan batik yang telah berlangsung lama di daerah tersebut menghasilkan motif khusus yang menjadi ciri khas. Meskipun tidak secara legal dipatenkan sebagai milik daerah tersebut, peminat batik umumnya mengakui bahwa corak-corak tertentu dari batik klasik adalah milik daerah tertentu. Beberapa tempat yang dikenali sebagai sentra batik bahkan dalam lingkup 'sekecil' kecamatan.
Di Pulau Madura selain beberapa kabupaten dikenali memiliki tradisi batik tersendiri, ada kecamatan-kecamatan yang telah lama
menjadi pusat pengembangan dan produksi batik. Tanjung Bumi adalah salah satu sentra batik tulis Madura yang cukup terkenal. Jaraknya kurang lebih 50 km dari pusat kota yaitu kabupaten Bangkalan. Kecamatan Tanjung Bumi terletak di daerah pesisir pantai menjadikannya kekhasan pada batik asal daerah tersebut dengan motif khas batik pesisir yaitu yang terlihat dari warna-warna yang berani dan desain atau corak yang bebas.

Cara atau proses pembatikan serta karakteristik tanah dan air di daerah Tanjung Bumi juga menjadikan keunikan batik dari daerah ini yang lain dari yang lain. Ciri khas yang paling mudah dikenali batik dari daerah ini adalah warnanya yang cenderung terang dan cerah. Beberapa memang memiliki variasi warna yang lebih gelap atau lembut. Namun secara umum warna yang dominan adalah warna-warna yang terang.
Batik yang cukup terkenal di Tanjung Bumi adalah batik gentongan. Harganya juga cukup mahal. Batik Gentongan mempunyai nilai yang mendalam dalam tradisi Madura. Mengapa disebut batik Gentongan? Karena proses pewarnaannya dilakukan dengan cara merendam kain batik tersebut kedalam wadah berupa gentong pada saat proses pembuatannya. Proses perendaman dilakukan untuk proses pewarnaan juga untuk menghilangkan sisa malam juga agar supaya warnanya lebih awet dan tahan bertahun-tahun.
Itulah sebabnya mengapa batik gentongan ini mahal karena walaupun umurnya puluhan tahun warnanya tetap awet seperti baru dan juga walaupun batik Gentongan ini terbuat dari kain katun tapi harganya bisa jauh lebih mahal daripada batik madura yang terbuat dari kain sutera.
Desain gambar atau motif yang dibatik pada sehelai kain itu murni hasil kreasi dan imajinasi para pembatik itu sendiri. Jadi seolah-olah menggambarkan perasaan, hati dan pikiran mereka. Ada motif lama  yaitu motif asli atau tradisional Madura, tetapi saat ini  motif batik Madura juga mulai bermotif modern yaitu dengan membuat beberapa motif yang dijadikan satu

0 komentar:

Posting Komentar