Apapun Batik

Aneka barang bermotif batik
Sudah sejak lama batik 'merasuki' berbagai aspek kehidupan masyarakat. Terlebih sejak batik dicoba diklaim sebagai budaya asli negara sebelah. Kemudian Unesco menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia milik Indonesia. Kemudian penggunaan batik semakin semarak.
Sekalipun awalnya batik adalah motif kain, ternyata motif ini tetap indah dipandang mata saat diaplikasikan pada berbagai permukaan benda. Menjadi tidak aneh lagi saat melihat aneka benda bermotifkan batik. Ditambah dengan semakin berkembangnya desain motif, maka semakin terbuka untuk menghiasi aneka benda dengan motif batik.
Ada maskapai penerbangan yang mengambil 'batik' sebagai nama perusahaan dan merek dagangnya. Tentu diikuti dengan penerapan batik pada badan pesawat. Cukup impresif, efeknya dalah batik semakin mudah dikenali. Batik tidak lagi hanya menjadi hiasan, tapi sudah menjadi identitas armada maskapai yang bertalian. Sekalipun jika diingat kembali, sektor pariwisata telah lama menjadikan batik sebagai icon.
Menjadi tradisi 'baru' bagi beberapa organisasi pemerintahan (pemerintah daerah, misalnya) untuk menetapkan batik sebagai seragam di salah satu hari kerja. Korpri, organisasi pegawai negeri di Negeri ini, telah sejak lama menetapkan batik sebagai seragam formal organisasi itu. Meskipun desainnya berubah-ubah, namun tetap menggunakan motif batik.

0 komentar:

Posting Komentar